Tips Mudah Mengakses Virtual Machine VirtualBox di Windows 7 - Information Technology

Information Technology

Berita IT & Tutorial

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tips Mudah Mengakses Virtual Machine VirtualBox di Windows 7

Tips Mudah Mengakses Virtual Machine VirtualBox di Windows 7

Share This
Tips Mudah Mengakses Virtual Machine VirtualBox di Windows 7VirtualBox merupakan salah satu aplikasi virtualisasi yang mampu menjalankan komputer tambahan secara virtual. Teknologi ini memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan berbagai macam eksperimen terkait sistem komputer secara virtualsehingga tidak perlu khawatir akan mengganggu komputer host. VirtualBox memiliki dukungan banyak penggunaan jenis sistem operasi sekaligus dan dengan menjalankanvirtualbox manager kita bisa menentukan dan melakukan konfigurasi pada sistem operasi yang digunakan.
VirtualBox Manager
VirtualBox Manager 
Edisi ini akan membahas tip untuk menjalankan sistem operasi virtual tanpa harus membuka virtual manager terlebih dahulu sehingga akses bisa lebih cepat.

Download Aplikasi VirtualBox

Belum punya aplikasi VirtualBox? Silahkan download VirtualBox yang terbaru dulu melalui tautan ini. Jika Anda sudah menggunakan VirtualBox pada sistem Windows 7, maka aplikasi yang dibutuhkan selanjutnya adalah VBoxlaunch yang dapat di-download di sini. Aplikasi VBoxlaunch ini lah yang akan membantu untuk mempermudah akses menjalankan mesin virtual. Tapi dibutuhkan Microsoft .NET Framework 3.5 yang sudah terpasang pada sistem Windows, jika belum ada Anda dapat download aplikasi tersebut di sini.

Akses Melalui Start Menu

Ekstrak hasil download aplikasi Vboxlaunch dan copy aplikasi tersebut ke direktoriC:\Program Files\Oracle\VirtualBox\
Vbox Launch Place
Copy Aplikasi
Klik kanan pada VBoxlaunch lalu pilih Pin to start menu agar aplikasi ini bisa diakses melalui Start Menu Windows.
Pin to Startmenu Vboxlaunch
Pilih Pin to Startmenu Vboxlaunch
Selanjutnya shortcut VBoxlaunch muncul di Start Menu, hanya saja daftar virtual machine yang sudah dibuat pada VirtualBox belum muncul.
VBox Startmenu
VBox Startmenu
Untuk memunculkannya jalankan VBoxlaunch dari Start Menu sehingga munculVirtualBox Manager. Keluarlah dari VirtualBox manager melalui menu File Exit (Keluar) atau dengan tombol yang ada di sudut kanan atas Window.
Exit VirtualBox manager
Exit VirtualBox manager
Periksa kembali VBoxlauncdi Start Menu, kita akan menemukan daftar virtual machine yang siap kita jalankan secara langsung tanpa melalui VirtualBox manager.
Recent Virtual Machine
Recent Virtual Machine
Jika kita memilih salah satu virtual machine maka virtual machine langsung berjalan.
Running VirtualBox
Running VirtualBox

Akses Melalui Taskbar

Selain melalui Start Menu, menjalankan virtual machine secara langsung dapat dilakukan melalui Taskbar Windows. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, klik kanan aplikasi VBoxlaunch di Windows Explorer tadi lalu pilih pin to taskbar.
Pin to Taskbar
Pin to Taskbar
Melalui menu jump list Anda bisa menemukan daftar virtual machine yang ada. Untuk mengakses jump list, cukup gunakan klik kanan pada shortcut yang sudah di pin ketaskbar.
Jump List
Jump List

Penutup

VBoxlaunch ini berjalan lancar pada sistem operasi Windows 7 Professional 32-bit dan mungkin juga bisa dijalankan pada versi Windows 7 lainnya serta versi 64-bit. Selamat mencoba.

http://bisakomputer.com/

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages